Laman

Senin, 03 November 2014

Membuat Garis Vertikal, Horizontal dan Diagonal

LINK Download File :
https://www.mediafire.com/?fjfwu2mdxq1m1er

1.     Garis Vertikal
Pertama kita membuat codingan lewat dev C++ berbasis OpenGL, seperti gambar berikut :



Logika program :
·         glCLearColor(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); = fungsi statement tersebut adalah untuk mengedit warna background menjadi warna hitam (0.0f)
·         glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); = identifer pada program.
·         glPushMatrx (); = membuat baris kode dan menjadikan tidak berlaku bagian luar.
·         glClearColor = (1,1,1,0); = untuk mewarnai garis / titik.
·         glBegin(GL_LINES); = menggambar garis dan titik yang kita gunakan.
·         glVertex3f(0.10,10.0,13.13); = menentukan titik awal yang kita gunakan.
·         glVertex3f(0,0,0.0); = menentukan titik akhir yang kita gunakan.
·         glEnd(); mengakhiri gambar dan garis titik akhir.
·         glPopMatrix(); = membuat baris kode dan menjadikan tidak berlaku bagian luar.
·         SwapBuffers(hDC); = untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Setelah kita tulis codingan di atas, sekarang kita complire dan run program nya. Hasil nya seperti berikut :



2.     Garis Horizontal
Pertama kita membuat codingan lewat dev C++ berbasis OpenGL, seperti gambar berikut :


Logika program :
·         glCLearColor(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); = fungsi statement tersebut adalah untuk mengedit warna background menjadi warna hitam (0.0f)
·         glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); = identifer pada program.
·         glPushMatrx (); = membuat baris kode dan menjadikan tidak berlaku bagian luar.
·         glBegin(GL_LINES); = menggambar garis dan titik yang kita gunakan.
·         glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); = menentukan titik awal yang kita gunakan.
·         glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); = menentukan titik akhir yang kita gunakan.
·         glEnd(); mengakhiri gambar dan garis titik akhir.
·         glPopMatrix(); = membuat baris kode dan menjadikan tidak berlaku bagian luar.
·         SwapBuffers(hDC); = untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.




Setelah kita tulis codingan di atas, sekarang kita complire dan run program nya. Hasil nya seperti berikut :



3.     Garis Diagonal
Pertama kita membuat codingan lewat dev C++ berbasis OpenGL, seperti gambar berikut :














Logika program :
·         glCLearColor(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); = fungsi statement tersebut adalah untuk mengedit warna background menjadi warna hitam (0.0f)
·         glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); = identifer pada program.
·         glPushMatrx (); = membuat baris kode dan menjadikan tidak berlaku bagian luar.
·         glBegin(GL_LINES); = menggambar garis dan titik yang kita gunakan.
·         glVertex3f(0,0,-0.8); = menentukan titik awal yang kita gunakan.
·         glVertex3f(9.9,8.9,0.1); = menentukan titik akhir yang kita gunakan.
·         glEnd(); mengakhiri gambar dan garis titik akhir.
·         glPopMatrix(); = membuat baris kode dan menjadikan tidak berlaku bagian luar.
·         SwapBuffers(hDC); = untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Setelah kita tulis codingan di atas, sekarang kita complire dan run program nya. Hasil nya seperti berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar